Biaya Pemasangan Panel Surya Sendiri di Atap Rumah


Harga pasang panel surya untuk rumah sendiri - Dengan teknologi yang semakin canggih, panel surya / solar cell untuk energi pembangkit listrik harganya semakin murah. Sudah banyak atap rumah-rumah masyarakan yang mulan menggunakan panel surya atau solar cell ini. 

Rumah-rumah tersebut yang mempunyai panel surya / solar cell bisa memproduksi listrik untuk kebutuhan mandiri saat sinar matahari sedang terik, bahkan dapat 'mengekspor listrik' ke Perusahaan Listrik Nasional (PLN).

Penggunaan solar panel harus memasang juga alat ukur (kWh meter) agar bisa ekspor-impor listrik ke PLN. Meteran tersebut bisa memberikan data dan surplus listrik yang langsung masuk ke jaringan PLN, dan sebaliknya listrik PLN dapat digunakan rumah saat panel surya / solar cell tidak menghasilkan energi listrik saat hujan deras atau malam hari.

Baca : Panel Surya Baru dapat Menghasilkan Listrik Saat Hujan / Malam Hari

Untuk pihak yang memasang alat meteran tersebut adalah dari pihak PLN. Meteran akan mencatat dan menghitung, berapa jumlah listrik yang dialirkan ke PLN dan berapa saja pemakaian listrik PLN di rumah tersebut. Nantinya tagihan listrik akan dikurangi oleh listrik yang diekspor ke PLN.

Contoh saja, kita menggunakan listrik PLN dengan tagihan Rp 1,2 juta/bulan. Di lain sisi, kita mengirim juga listrik dari panel surya ke pihak PLN sebesar Rp 700 ribu/bulan. Artinya kita hanya bayar sebesar Rp 500 ribu/bulan ke PLN.

Baca : Daftar Harga Panel Surya untuk Rumah

Nah karena sistem ekspor-impor aliran listrik ke PLN inilah, kebanyakan pengguna panel surya dapat menghemat tagihan listriknya sebesar 1 jutaan per bulan. Dan dengan sistem panel surya yang bisa menghemat tagihan listrik ini, semoga semakin banyak juga orang memasang panel surya di atap rumah. 

Karena semakin banyak orang yang menggunakan panel surya membuat ketahanan energi juga semakin kuat. Dengan bermodal Rp 120 jutaan, orang akan memasang panel surya dengan kapasitas 6 kilowatt peak (kWp) alias 6.000 Watt peak (Wp) di atap rumah mereka. Biaya pemasangan panel surya saat itu Rp 20 juta/kWp.

Namun dengan perkembangan teknologi, harga panel surya juga semakin murah. Dalam waktu 3 tahun saja sudah mulai turun sekitar 25%, perlu diketahui harga pemasangan panel surya sekarang kurang lebih Rp 15 juta per kWp.

Bagikan Artikel

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
20 Desember 2018 pukul 20.13 delete

Mantap penjelasannya om, apalagi detail banget, salam kenal ya dari kami dan ijin promo ya harga listrik tenaga surya 5000 watt

Reply
avatar